Selasa, 14 Oktober 2014

Custom Cajon / Acoustic Drum Box

SEJARAH CAJON

Cajon (baca : Kahon) adalah sebuah alat music perkusi (alat music pukul) seperti box drum yang berasal dari Peru dan diperkirakakan sudah banyak digunakan sejak sejak abad 18. Arti kata "CAJON" sendri adalah "kotak", diambil dari bahasa SPANYOL. Alat Musik ini, pada awalnya dimainkan oleh pekerja-pekerja dipelabuhan dan budak-budak. Alat Musik ini sebagai bentuk perlawanan, karena saat itu, Pemerintahan Kolonial Spanyol tidak memberikan kesempatan kepada budak dan pekerja kasar pelabuhan untuk bisa menikmati Musik. Akhirnya, para pekerja ini membuat sendiri musik dengan cara memukul-mukul kotak (Cajon) ikan. Nada yang dihasilkan oleh tabuhan Cajon (kotak) ini kemudian mengiringi mereka bernyanyi.


Bentuknya mirip seperti box speaker, kotak kayu enam sisi bagian depan sebagi penghasil bunyi yang didalamnya diberi snare gitar bass untuk menghasilkan bunyi mirip hithat, bagian ada lubang udara keluar masuk dari ruang resonansi bunyi. Cara bermain, seorang pemain duduk diatas cajon dan memukul-mukulkan telapak tangannya dengan beberapa teknik dari situlah dapat dihasilkan seperti bunyi drum seperti suara snare, bass drum, rimclik dan suara hihat. Bahan cajon yang bagus biasanya dari kayu maple.

Saat ini, Cajon mulai dikenal di pelbagai negara dan sering digunakan dalampementasan musik akustik. Di Indonesia, alat musik ini “booming” dipergunakan sekitar tahun 2010. Sekarang alat musik ini sering kita jumpai di kafe, mal dan beberapa tayangan musik di televisi. Alat musik ini, banyak didatangkan dari negara asalnya dan Spanyol.



Pada saat ini harga cajon sudah mulai bervariasi mulai dari Rp. 800.000 hingga di atas Rp.2.000.000 tergantung bahan ataupun kayu yang di pakai dan tentunya brand ataupun merk juga sangat berperan penting untuk menunjang harga, contoh nya saja cajon merk meinl dan yamaha yang harga nya berkisar Rp. 1.500.000 sampai Rp.2.000.000 ke atas.

Tapi buat temen temen para pecinta musik khususnya akustik jangan khawatir dengan harga tersebut karna jika anda mengetahui ukuran serta spesifikasi untuk membuat cajon tersebut sebetulnya biaya yang harus kalian keluarkan tidaklah sampai berjuta juta gitu kok :)

Berikut ini saya akan menjelaskan sedikit banyak yang saya ketahui tentang cara pembuatan cajon

Berikut Bahan dan Alat yang di perlukan : 
  • Multiplek ukuran 9mm - 12mm
  • Triplek ukuran 3mm - 6mm
  • Lem Kayu
  • Paku
  • Baut Mur
  • Snar Drum
  • Baut Plastik
  • Cat/ Pernis
  • Dempul ( jika di perlukan )
  • Gergaji
  • Alat tulis ( pena / pensil serta pengaris )
  • Pahat
  • Mesin Ketam Kayu
  • Mesin Router Kayu
  • Amplas
Cara Pengerjaan
1.     Garislah multiplek sesuai ukuran standard cajon.





2.     Potong sisi Atas, Bawah, Kiri, Kanan, dan Belakang sesuai ukuran di atas. Ingat, semua potongan harus benar benar Siku
3.     Kemudian buatlah lubang pada sisi belakang yang telah di potong tersebut sesuai ukuran.
4.     Lalu Rangkai lah sisi atas, bawah, serta kiri dan kanan. Penting, semua sambungan harus menggunakan lem kayu, karena jika tidak menggunakan lem kayu akan beda suara yang si hasilkan.
5.     Rangkailah Snar Drum pada sisi depan cajon yang sudah dirangkai tersebut. Berikut beberapa gambar cara pemasangan snar pada cajon.











6.     Kemudian potong lah triplek ukuran 3mm sesuai dengan desain yang telah di buat untuk sisi bagian depan.
7.     Setelah semua sisi sudah di potong dan di rangkai lalu rapikanlah sudut cajon dengan mesin router dan mesin ketam kayu.
8.     Amplas semua bagian cajon kemudian tambahkan dempul jika di perlukan dan di cat dengan cat kayu atau pernis.
9.     Satukan sisi bagian depan tersebut dengan cajon yang sudah di rangkai berikut snarnya tadi. Ingat, untuk sisi bagian depan tidak perlu menggunakan lem lagi, cukup menggunakan baut mur pada posisi seperti di bawah ini.




        10.   Terakhir pasanglah aksesoris seperti baut mur karet pada kaki cajon dan             stiker merk atau brand pada sisi depan cajon.

Demikianlah cara pembuatan cajon yang dapat saya berikan kepada teman teman semua. Semua cara yang saya tuliskan di atas sudah saya praktekkan dan hasilnya alhamdulilah tidak kalah bagus visualnya saja tapi dari segi suara juga tidak kalah dengan merk atau brand cajon yang sudah terkenal seperti MEINL, Yamaha, dan LP Cajon.
Berikut ini adalah cajon yang saya buat sendiri,


Proses Pengecatan
Proses Pengecatan
Proses Pendempulan
Siap Di Mainkan




Jika teman teman berminat dengan cajon customan saya silahkan hubungi melalui blog saya ini ataupun melalui email di yustria.septi@gmail.com  atau jika anda berniat untuk cek sound langsung silahkan dating ke CYGY Studio yang beralamat di Batu Besar RT 04 RW 01 No. 14 Kec. Nongsa – Batam, Indonesia.

Terima kasih sudah membaca artikel yang saya buat lebih dan kurangnya saya mohon maaf, jika ada kesalahan dalam menjelaskan detail tentang cara pembuatan cajon ini silahkan langsung post kan komentar di bawah ini. Wassalamualaikum wr.wb…




Tidak ada komentar:

Posting Komentar